Pages

Digital Marketing 101

Minggu, 23 Mei 2021


    
Pada sesi Leader Talk Value Institut Teknologi dan Bisnis Kalla bulan Mei, saya berkesempatan untuk mengisi sesi dengan membawakan topik Marketing Digitalization. Tema ini merupakan tema yang telah ditentukan oleh culture agent Kalla Group untuk diangkat dalam setiap kegiatan culture pada bulan Mei. Summary yang saya sampaikan dalam sesi LTV pekan lalu akan saya sampaikan pada tulisan kali ini :) 

Berdasarkan data dari hootsuite per Januari 2021, dari 274.900.000 penduduk di Indonesia, sudah sebanyak 73% nya merupakan pengguna internet dan sebanyak 61% penduduk aktif di sosial media. Sedangkan dari sisi e-commerce, sebanyak 93% pengguna internet mencari produk yang ingin mereka beli secara online dan 87% pengguna internet sudah pernah membeli produk secara online. Berdasarkan data digital landscape tersebut, bisa kita simpulkan bahwa sudah banyak sekali penduduk di indonesia yang memanfaatkan internet untuk mencari barang yang mereka inginkan dan bisa dibayangkan bahwa besarnya kesempatan kita dalam pemasaran jika kita mengikuti trend di digital marketing.
source: hootsuite.com

Digital marketing merupakan suatu cara untuk mempromosikan suatu merk atau produk melalui saluran digital yang dapat diakses melalui internet kapan pun dan dimanapun. Berikut merupakan kelebihan dari digital marketing:

1. Target Akurat

pada digital marketing, kita bisa menetukan target audiens yang akan kita sasar dan berpotensial menjadi customer kita. Seperti misalnya usia dan asal daerah audiens.

2. Terukur

Seluruh platform digital yang kita gunakan pada digital markering pasti ada data yang bisa menjadi alat ukur. Pentingnya data ini yang akan kita gunakan untuk mengukur keberhasilan suatu konten kita pada platform digital marketing apakah caranya sudah benar atau masih perlu dilakukan improvement.

3. Komunikasi dua arah

Jika pada tradisional marketing seperti koran atau radio kita tidak bisa langsung mengetahui respon audiens atas konten atau produk kita, dengan digital marketing kita bisa langsung mendapatkan feedback dan bisa berkomunikasi langsung dengan audiens atau customer kita.

4. Murah

Dengan menggunakan digital marketing, biaya yang dikeluarkan lebih efisien dan bisa disesuaikan dengan budget.

Saat ini ada banyak seklai platform yang bisa digunakan di digital marketing seperti: sosial media, instant messaging marketing, search engine optimization, dan masih banyak lagi tools digital lainnya. Salah satu jenis digital marketing yang paling banyak digunakan adalah sosial media marketing. Sosial media marketing adalah cara pemarasan untuk mempromosikan konten (produk/jasa) di saluran media sosial. Baisanya di sosial media marketing, kita menetukan objoktifnya apa seperti misalnya untuk meningkatkan brand awareness atau engagement. Engagement adalah hubungan antara seller dan buyer.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS