Pages

Manajemen Waktu

Minggu, 06 Juni 2021


Setiap orang memilki waktu 24 jam dalam sehari, namun tidak semua orang dapat menggunakan waktunya untuk menyelesaikan tugas dengan baik. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya, manajemen waktu. Keterampilan manajemen waktu merupakan keterampilan penting yang akan membantu kita menyusun pekerjaan agar dapat terorganisir dengan baik. Pernahkan kita merasa dalam sehari pekerjaan dirasa begitu banyak bahkan waktu yang kita miliki serasa tidak cukup karena dikejar deadline. Namun di sisi lain terkadang kita merasa gabut. Waktu serasa longgar, pekerjaan bisa selesai di siang hari dan sleebinya sampai jam pulang kerja kita tidak tau mau melakukan aktivitas apa lagi. Nah, itulah mengapa kita perlu mengetahui tentang manajemen waktu. Manajemen waktu merupakan kemampuan kita untuk mengontrol waktu terhadap jadwal pekerjaan dan mampu menerapkan fleksibilitas dalam mengubah jadwal kerja tanpa mengurangi kualitas hasil pekerjaan kita.

Menunda pekerjaan merupakan musuh utama dalam manajemen waktu. Banyak waktu yang hilang begitu saja karena menunda pekerjaan tanpa suatu alasan yang jelas dan biasanya penundaan ini terjadi dikarenakan pekerjaan yang kelihatan tidak menyenangkan atau tujuan dan sasaran yang tidak jelas. oleh karena itu, apabila sedang menghadapi suatu persoalan sebaiknya kita mengerjakan bagian yang tersulit dahulu dan apabila memungkinkan kita bisa belar mendelegasikan job desk kita namun tetan dengan kontrol yang ketat. Selain itu, upgrade motivasi dan semangat diri juga satu hal yang penting.

Sejatinya inti dari manajemen waktu adalah prioritas. Prioritas menentukan kegiatan mana yang harus kita dahulukan, mana yang mesti dikerjakan pertama kali agar bisa melanjutkan pekerjaan lainnya dan berapa lama prosesnya.

skala prioritas, biasanya terbagi dalam empat kuadran yaitu:

kuadran I :  penting dan mendesak

kuadran II :  tidak penting dan mendesak

kuadran III :  penting dan tidak mendesak

kuadran IV:  tidak penting dan tidak mendesak

Mengapa mengatur prioritas adalah hal yang penting? Dengan adanya skala prioritas kita jadi tahu apa saja yang mesti kita kerjakan dengan urutan dan tujuan yang jelas sehingga kita tidak lagi bingung dalam mengerjakan tanggug jawab dan kegiatan dalam satu waktu.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS